Tekno

[Update] Cara Mudah Memperbaiki Printer yang Tidak Bisa Ngeprint

Cara Memperbaiki Printer

Printermu tidak bisa mencetak dokumen? Dan kebingungan cara mengatasinya? Teman-teman semua tidak perlu khawatir lagi. Karena pada artikel kali ini, akan membahas dengan sejelas-jelasnya cara mengatasi printer yang tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen. Baik itu dalam bentuk teks, foto ataupun gambar.

Kondisi printer yang tidak bisa mencetak dokumen, padahal kita sudah berulang kali menekan tombol CTRL + P bisa disebabkan karena banyak faktor. Salah satunya adalah karena kamu salah menyeting jenis printer yang kamu gunakan. Atau juga bisa karena printer kamu dalam keadaan offline. Masalah semacam ini sebenarnya hanya masalah sepele. Kamu tentunya masih bisa mengatasinya sendiri. Caranya cukup ikuti panduan yang akan kami paparkan.

Cara mengatasi printer tidak bisa mencetak dokumen yang akan dijelaskan ini sudah mengalami pengujian berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi, kamu tak perlu khawatir untuk memperaktikkan cara-cara berikut ini agar printer kamu dapat digunakan untuk mencetak dokumen. Untuk jenis printer, cara ini juga bisa dilakukan pada berbagai macam merek printer. Baik itu Canon, Epson, HP ataupun Brother.

Cara Pertama : Printer dalam Posisi Ready

  1. Klik menu Start
  2. Selanjutnya pilih Control Panel
  3. Lalu pilih View Devices and Printers pada icon Hardware and Sound
  4. Kemudian akan muncul tampilan beberapa printer. Lalu klik kanan pada merek/jenis printer yang akan kamu gunakan. Dan pilih Set As Default Pinter
  5. Finish

Cara Kedua : Sesuaikan Jenis Printer

  1. Buka dokumen apa saja yang akan dicetak. Lalu pencet tombol CTRL + P
  2. Selanjutnya klik tanda panah hitam ke bawah. Perhatikan, di samping tulisan “Nama Printer” atau “Printer Name”
  3. Kemudian sesuaikan jenis atau nama printer yang akan kamu gunakan mencetak.
  4. Finish

Cara Ketiga : Mengosongkan Print Queue

  1. Perhatikan bagian pojok kanan bawah windows. Klik tanda panah ke atas pada bagian kanan bawah layar monitor
  2. Pada tanda panah tersebut, cari icon printer dan klik dua kali icon printer tersebut
  3. Kemudian nanti kamu akan melihat listbeberapa dokumen yang mengalami pending saat proses printing. Sekarang, kamu klik kanan pada list dokumen tersebut lalu klik Cancel atau Batalkan Print
  4. Jika sudah, sekarang kamu bisa mengulang memulai mencetak dokumen lagi
  5. Finish

Cara Keempat : Melalui service.msc

  1. Klik menu Start Windows, di menu pencarian ketik RUN lalu Enter. Atau untuk cara cepatnya kamu bisa tekan tombol Windows + R pada keyboard
  2. Ketikkan tulisan service.msc lalu tekan Enter pada keyboard atau klik OK
  3. Selanjutnya akan muncul tampilan SERVICE (Local)
  4. Kemudian scroll mouse, lalu cari PRINT SPOOLER, jika sudah ketemu klik kanan selanjutnya klik Cancel. Ini gunanya untuk menonaktifkan Print Spooler (Jendela Print Spooler jangan dulu ditutup)
  5. Selanjutnya klik Start kemudian klik Computer
  6. Kemudian klik Local Disk C > Windows > System32 > Spool > Printers. Dan jika sudah ketemu foldernya, hapus semua file yang ada di folder Printers tersebut. Kamu bisa menghapusnya dengan cara menekan tombol CTRL + A kemudian tekan tombol Delete. Lalu tutup jendela
  7. Selanjutknya kita kembali ke jendela PRINT SPOOLER yang tadi belum ditutup.
  8. Langkah terakhir, klik kanan SPOOLER lalu klik Start untuk mengaktifkannya kembali.
  9. Finish
  10. Cara mengatasi printer tidak bisa mencetak dokumen yang dipaparkan ceroboh.com cukup mudah kan? Kamu hanya perlu mempraktikkannya secara berurutan dan sesuai petunjuk.

Namun jika setelah melakukan langkah-langkah tadi printer masih saja tidak bisa mencetak dokumen, bisa saja ada kerusakan lain pada bagian hardware atau komponen printer lain. Untuk masalah ini, alangkah baiknya kamu konsultasi dulu pada orang yang mengerti. Atau bisa membawanya ke service center printer.

Baca juga: [Update] Amd Vs Intel: Kelebihan dan Kekurangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *