Budidaya Hewan

[Terbaru] Analisa Mengapa Berternak Entog Dianggap Menguntungkan

Salah satu peluang bisnis yang mampu kamu kerjakan yaitu berternak entok. Baik itu ternak entok petelur, maupun pedaging. Meskipun masih kalah populer dengan unggas yang lain, ternak entok cukup menjanjikan omset yang menggiurkan.

Supaya sukses dalam ternak entok, ada baiknya kamu pelajari terlebih dahulu perihal cara beternaknya, mulai dari persiapan sangkar, cara supaya cepat besar, cepat bertelur, cepat panen, dan lain sebagainya tergolong analisa keuntungan biar kau berhasil dalam budidaya entok ini.

Berikut ini penulis akan jabarkan 7 cara mudah ternak entok untuk pemula yang bisa kau kerjakan sebelum anda terjun eksklusif dalam budidaya unggas jenis entok.

Cara Berternak Entog

Persiapan Kandang

Langkah paling permulaan yang harus kamu persiapkan sebelum ternak entok yakni menyiapkan kandangnya. Dimana sangkar ini nantinya akan menjadi tempat untuk entok beraktifitas, jadi kamu harus menciptakan kandang yang baik dan benar supaya entok merasa tenteram berada di dalamnya.

Terdapat tolok ukur kandang entok dikatakan menjadi lokasi ideal untuk budidaya entok, di antaranya sebagai berikut :

  • Jarak kandang entok terpisah dengan pemukiman warga sekitar 10 sampai 20 meter. Tujuannya biar anyir tidak sedap yang berasal dari kandang tidak menyebar ke rumah dan lingkungan sekitar kau.
  • Adapun lokasi strategis sangkar entok yakni dekat dengan sungai, parit, atau persawahan. Karena intinya entok suka mencari kuliner di lingkungan yang lembap, lembap, atau becek.
  • Ukuran sangkar diadaptasi dengan jumlah entok yang dibudidayakan. Untuk anakan entok 100 ekor, maka ukuran sangkar setidaknya 75 sampai 100 cm.
  • Kamu mampu membuat kandang dari kayu atau bambu, dengan atap dari asbes dan bab ganjal menggunakan ram kawat kasa, sehingga kotoran anakan entok dapat eksklusif jatuh ke tanah.
  • Dinding sangkar memiliki ketinggian yang cukup sehingga entok tidak mampu leluasa keluar masuk dari sangkar. Setidaknya tinggi kandang untuk anakan entok ialah 75 cm.
  • Membuat lokasi khusus untuk sumbangan makan setidaknya berukuran 5 meter jika luas kandang 10 meter persegi. Wadah makan dan minum mampu menggunakan bambu atau kayu sisa dari pengerjaan sangkar.
  • Atau mampu juga memanfaatkan wadah plastik bekas dengan ukuran sedang mirip jerigen, galon, atau bejana. Di dalam kandang juga dibentuk pemisah dan diberikan kubangan air untuk entok bermain dan berjemur.
  • Pada area sangkar dibentuk kanal air atau drainase supaya air mampu mengalir tanpa kendala dan tidak menyebabkan bacin tidak sedap.

Anakan Entok Unggulan

Jika sangkar sudah siap, sekarang saatnya kau memilih anakan entok unggulan dengan cara yang benar supaya menjadi indukan yang bermutu.

Sebagian pembudidaya entok menentukan berbelanja pribadi indukan dengan harga yang lebih mahal karena berpendapat bahwa budidaya sejak anakan mempunyai tingkat kegagalan yang tinggi.

Tetapi bahwasanya hasil keuntungan akan lebih besar jikalau saat panen datang. Asalkan kau tahu cara yang benar dalam membudidayakannya.

Agar anakan entok cepat besar kau dapat mempelajari caranya dengan rajin membaca dongeng berhasil pembudidaya entok atau dengan menonton video tutorial budidaya entok di YouTube.

Nah, biar kamu makin paham dengan cara budidaya entok ini, penulis akan memperlihatkan tips gampang memilih anakan bebek atau entok unggulan, yaitu selaku berikut :

  1. Pilihlah anakan entok dari indukan yang jelas asal usulnya.
  2. Cari anakan entok yang sehat, lincah, dan aktif bergerak
  3. Setidaknya umur ideal anakan adalah 6-7 bulan sehabis menetas atau minimal bobotnya seberat 100-200 gram.
  4. Agar tidak tertipu, baiknya kau membeli anakan dari petani entok terpercaya
  5. Berhati-hatilah ketika menenteng anakan dari lokasi pembelian ke sangkar, sebab dapat menciptakan anakan stres.
  6. Jika anakan sudah berada di sangkar pribadi beri pakan khusus anakan entok. Karena pinjaman pakan harus disesuaikan dengan usia entok. Entok usia 1-2 minggu dapat diberi pakan konsentrat starter.

Caranya dengan mencampurkan konsentrat starter dengan pakan indukan untuk minggu selanjutnya.

Sedangkan untuk pakan indukan kau bisa memberinya bekatul, dedak, sayuran, jagung, dan lain sebagainya.

Persiapan Pakan Entok

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya pinjaman pakan diadaptasi dengan usia entok. Takaran pakan anakan dengan indukan tentu berbeda. Agar mudah dimengerti, berikut penulis jabarkan jenis pakan yang harus kamu berikan sesuai dengan usia entok.

Usia 1-14 hari

Anakan entok usia 1 hingga 14 hari butuh nutrisi dalam bentuk protein, fosfor, vitamin, energi dan kalsium. Pemberian pakan yang benar sesuai dengan porsi harian anakan akan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya.

Usia 15-35 hari

Seiring dengan bertambahnya usia anakan bebek / entok, maka takaran pakannya juga akan terus meningkat. Pada tahapan ini anakan akan lebih membutuhkan energi untuk memajukan bobot tubuhnya.

Pada usia 15-35 hari ini pakan yang tepat untuk diberikan adalah konsentrat yang dicampur dedak halus atau bekatul. Bisa juga dicampur ampas tahu, jagung atau ketela dan mantang.

Usia 36-60 hari

Pada usia ini anakan sudah mulai berkembang besar, anakan akan butuh lebih banyak mineral dan vitamin. Kamu bisa mecampur pakannya tidak hanya dengan bekatul, namun juga dengan ikan runcah, menir, ampas tahu, keong, nasi aking atau eceng gondok.

Vitamin dan Vaksinasi

Saat kamu membudidaya entok, kau juga mesti mengamati vitamin dan vaksinasi biar entok mampu tumbuh kebal terhadap serangan penyakit dari virus. Vaksinasi ini yakni cara modern dalam ternak entok.

Vaksinasi ini penting meskipun entok tergolong unggas dengan daya tahan badan yang baik. Kamu mampu menawarkan vaksin vitachicks adalah salah satu jenis vaksin untuk menghalangi pilek atau flu akhir virus.

Vaksinasi ini bisa dilakukan sendiri di rumah atau dengan sumbangan jago. Memberikan vaksinasi artinya kau telah berusaha semoga entok cepat bertelur.

Sanitasi Lingkungan dan Pengendalian Penyakit

Jaga kebersihan kandang entok tergolong mengamati sanitasi lingkungan agar kesehatan entok mampu terjaga dan terhindar dari banyak sekali penyakit.

Sebaliknya kandang yang kotor dan jorok memiliki kemungkinan tinggi untuk entok tersebut terjangkit penyakit dan virus.

Mengenai sanitasi lingkungan ini tidak mampu dianggap enteng alasannya akan menjadi salah satu penentu apakah kau mampu menjadi usahawan ternak bebek atau entok berhasil atau tidak.

Upaya mempertahankan kebersihan kandang kamu juga mesti memperhatikan air higienis yang diberikan kepada entok di dalam sangkar. Pastikan wadah minum higienis dan senantiasa dicuci. Selain itu rutinlah memandikan entok, hal ini juga menjadi cara agar entok terhindar dari banyak sekali penyakit.

Persiapan Agar Entok Bertelur

Pemberian makan yang sempurna menjadi salah satu cara semoga entok cepat bertelur. Peluang perjuangan satu ini memang membutuhkan ketabahan dan keteguhan dalam pertolongan pakan.

Perlu dikenang bahwa entok membutuhkan protein yang cukup semoga dapat menciptakan telur yang banyak dan bermutu. Pada dasarnya pakan entok gampang untuk dicari, terlebih jika kau tinggal di dekat persawahan. Kamu bisa mencari pakan alternatif seperti keong atau bekicot di sawah sebagai campuran pakan entok.

Hal lain yang juga memengaruhi entok atau bebek untuk cepat bertelur yakni lingkungan yang tepat. Usahakan kau membuat lingkungan yang nyaman untuk entok, supaya entok tidak stres.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa entok senang berada di daerah yang lembap atau becek. Kamu bisa membuat bak di dalam kandang selaku tempat entok bermain.

Masa Panen Entok

Butuh ketabahan dalam membudidaya entok sampai tiba masa panen. Adapun pembesaran entok sampai kala panen mampu mengkonsumsi waktu 4-5 bulan.

Jika kau sengaja membudidaya untuk entok menjadi indukan, kau bisa menunggu sampai beberapa ahad lagi dari waktu tersebut.

Dimana masa pemeliharaannya berjalan sampai usia 6 bulan. Oleh alasannya itu ada baiknya kau sudah memilih tujuan dari membudidayakan entok ini sejak awal semoga kamu bisa menerima kalkulasi keuntungan yang jelas.

Entok butuh abad pengeraman selama 35 hari hingga jadinya entok menciptakan telur yang banyak dan bermutu.

Analisa Ternak Entok 100 Ekor

Tak ada salahnya untuk analisa usaha ternak entok sejak awal, justru dengan begitu kau akan gampang dalam menentukan modal usaha yang mesti disiapkan.

Analisa perjuangan di sini mencakup evaluasi ongkos, dan evaluasi laba. Jika perkiraan kamu sempurna maka kamu akan mengetahui keuntungan dari potensi perjuangan ternak entok ini.

Analisa ternak entok 100 ekor dapat kau simak di bawah ini :

Asumsi :

  • Membeli anakan entok (DOD) dan entok dibeli di peternak terpercaya
  • Jumlah anakan entok sebanyak 100 ekor (karena kita akan analisa 100 ekor)
  • Luas kandang 100 meter persegi, dengan lebar 5-7 m dan panjang sangkar menyesuaikan keadaan lahan
  • Masa pembesaran anakan entok berlangsung selama 90 hari (3 bulan)
  • Dengan asumsi kala pembesaran 3 bulan, berarti dalam 1 tahun terdapat 4 era
  • Tingkat akhir hayat sebesar 5 persen
  • Berat entok saat panen berkisar 1,2 kilo per ekornya dengan FCR 3,0. Pakan yang diperlukan 2,4 kilo per ekor entok
  • Menggunakan pakan komersial, pakan adukan sendiri, dan alternatif pakan lainnya seperti dedak, padi, dan eceng gondok
  • Peternakan dikelola sendiri di lahan milik langsung

Pendapatan
Volume buatan x Harga jual (perkiraan harga jual Rp 40.000)

Maka :
100 ekor (berat rata-rata 1,2 kg) x Rp 40.000
= Rp. 4.800.000 (laba kotor)

Pendapatan dalam 1x periode
= Rp 4.800.000 – Rp 2.793.500
= Rp 2.006.500 (laba setiap 3 bulan kala ternak entok)

Kalkulasi keuntungan per tahun = keuntungan per era x 4 periode
= Rp 2.006.500 x 4 abad
= Rp 8.026.000 (laba higienis selama 1 tahun ternak entok)

Keuntungan Ternak Entok

Ternak entok ini menjadi salah satu kesempatan perjuangan yang menguntungkan. Sehingga jika kamu memiliki modal perjuangan yang cukup, bisa melakukan administrasi yang bagus, serta memiliki kemauan tinggi untuk mempelajari cara ternak entok.

Maka sayang sekali jikalau kau melewatkan kesempatan kesempatan usaha ini. Apalagi kau bisa evaluasi laba sendiri dengan tips di atas.

Selain penjualan entok yang terbilang gampang, berikut ini menjadi beberapa keuntungan dari ternak entok yang menjadi argumentasi kebanyakan peternak bebek atau entog melaksanakan budidaya. Yuk, kita simak!

Keuntungan tinggi

Setelah memahami evaluasi keuntungan dalam melaksanakan ternak entok di atas, dapat kita nilai bahwa budidaya entok memiliki keuntungan yang tinggi.

Di atas kita hanya analisa 100 ekor saja, bayangkan jika kamu memiliki 200 ekor entok atau bahkan lebih dari itu. Pasti keuntungan yang akan kamu dapat setiap tahunnya lebih besar lagi.

Tetapi tentunya laba yang tinggi dalam ternak entok dapat kau capai dengan memperhatikan banyak sekali hal yang berhubungan mulai dari pemilihan anakan, pengerjaan sangkar, pemeliharaannya, dan lain sebagainya.

Mudah dipasarkan

Entok tergolong mudah dipasarkan alasannya memang memiliki pangsa pasarnya sendiri. Apalagi jikalau sudah datang momen- momen tertentu mirip idul fitri. Harganya juga lumayan dimana mampu tembus hingga Rp 120.000 per ekornya. Sementara di hari umumberkisar dari Rp 40.000 hingga Rp 75.000

Termasuk unggas berkualitas

Mengapa penulis katakan demikian? Karena memang daging entok lebih tebal sehingga nikmat dan begitu terasa dikala dimakan. Selain itu juga aroma dagingnya ketika dimasak sungguh tajam dibandingkan daging itik.

Menciptakan kesempatan usaha yang lain

Keuntungan lain dari budidaya entok yaitu kau bisa membuat potensi usaha lainnya namun tetap dengan sumber utama entok. Dimana bulu bulu entok bisa kau buat menjadi shuttle cock. Untuk bisa dimanfaatkan kau harus berkala mencabut bulu entok sehabis 40 sampai 50 hari sekali.

Unggas dengan daya tahan tinggi

Meskipun harus mengamati juga vitamin dan vaksinasi, namun sebenarnya entok ialah unggas dengan daya tahan tinggi dari banyak sekali penyakit. Sehingga tingkat kematiannya terbilang rendah dibandingkan unggas lainnya.

Pengeram yang bagus

Keuntungan ternak entok yakni kamu bisa menitipkan telur unggas lain bila dibutuhkan. Misalkan induknya mati, maka kau bisa membiarkan entok tersebut mengeramkan telur tersebut. Sangat berfaedah kan membudidayakan entok ini?

Ternak entok tergolong kesempatan usaha yang menguntungkan. Cara budidayanya juga terbilang mudah, hal yang harus diperhatikan mulai dari antisipasi kandang, pemilihan anakan, sumbangan pakan, hingga kala panen entok.

Supaya kamu sukses dalam ternak entok, kamu harus berkala memberi pakan berkulitas, memperhatikan kebersihan sangkar dan sanitasi lingkungan. Serta memberikan vitamin dan vaksinasi untuk entok.

Hal yang menarik untuk anda

[Update] Cara Budidaya Burung Kenari Panda Terbaik
[Update] Cara Memelihara dan Merawat Kelomang Darat yang Baik dan Benar
[Update] Cara Menanam Alpukat Dari Biji Agar Cepat Berbuah

Incoming search terms:

  • Analisa beternak mentok
  • Analisa laba menelihara mentok
  • Cara agar entok cepat bertelur
  • Hitung ternak entok 100 biji
  • indukan atau anakan entok?

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *